Tingkatkan Pelayanan, Dishub Kota Banjarmasin Launching Program E-Parkir

DISHUB KOTA BANJARMASIN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin melaksanakan Launching E-Parkir Dalam Rangka Peningkatan Jasa Parkir di Kota Banjarmasin yang dilaksanakan di Taman Kamboja, Banjarmasin Tengah, pada Sabtu (4/3/23).

Kegiatan langsung di Launching oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, H Slamet Begjo, A.TD., M.T unsur Forkopimda, Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Isa Anshari dan turut hadir sejumlah perwakilan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin serta seluruh pengelola parkir di Kota Banjarmasin.

Dalam sambutannya, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan dengan adanya sistem E-Parkir bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa parkir dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah nantinya.

“Dengan sistem E-Parkir ini juga bisa membuat kita semua nyaman. “ucapnya”.

Di sela sambutan, Ibnu Sina mengucapkan, “Siapa yang setuju sistem E-Parkir di terapkan di Kota Banjarmasin dan semua pengelola antusias menjawab “setuju”.

Sebelumnya program E-Parkir ini pernah mau di terapkan, tapi masih perlu waktu ke pengelola dan Semoga tahun ini bisa berjalan. “harapnya”.

Kadishub Kota Banjarmasin juga dalam sambutannya mengatakan, Kota Banjarmasin merupakan kota besar yang penduduk nya kurang lebih 700 ribu jiwa dan kalau siang bisa mencapai satu juta dan merupakan kota terpadat di Kalimantan Selatan. “ujarnya”.

Banjarmasin juga merupakan kota jasa, sehingga mobilitas penduduk setiap hari nya cukup tinggi, sehingga sering kali terjadi kemacetan terutama di simpang dan di ruas jalan.

“Kemacetan ini menjadi salah satu problem beberapa kota besar, termasuk di Kota Banjarmasin, “imbuhnya”.

Terutama parkir d samping jalan menjadi hambatan samping yang tinggi menjadi menurunnya tingkat pelayanan jalan.

Oleh karena itu dalam rangka peningkatan jasa perpakiran di Kota Banjarmasin di perlukan terobosan melalui pembenahan sistem pengelolaan, yang di mana pengelolaan parkir di Banjarmasin masih konvensional jadi kami merasa perlu merubah dalam sistem digitalisasi atau sistem elektronik atau di kenal lagi dengan e- parkir.”ungkapnya”.

Ini upaya dalam mendukung Pemko Banjarmasin untuk mewujudkan pengembangan Smart City dan teknologi digital. “tambahnya.”

“Selain itu, sistem E-Parkir juga di harapkan juga membantu dalam menunjang pendapatan asli daerah.”Harapnya.”

Terpisah, Kepala UPTD Parkir, Umar, menjelaskan simulasi sistem E-Parkir, yang di terapkan adalah sistem pembayaran elektronik berbasis mobile, pada parkir On Street maupun Off Street yang merupakan objek retribusi parkir. “ungkapnya.”

Sistem kerja E-Parkir dengan rekam transaksi yang terintegrasi cloud server sehingga menghasilkan laporan secara realtime dan setiap juru parkir akan melakukan perekaman no polisi atau no kendaraan yang parkir melalui sistem, kemudian secara otomatis akan terkoneksi dengan printer portabel yang akan mencatat struk parkir.

Selanjutnya struk parkir di berikan kepengguna jasa parkir sebagai tanda bukti pembayaran jasa parkir sistem ini telah di dukung dengan transaksi non tunai namun sebagai tahap awal dan alasan efesiensi transaksi pembayaran tunai belum di berlakukan dan akan di kembangkan secara bertahap agar pembayaran non tunai secara maksimal.”Tegasnya.” *(HumasDishubBjm)

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *