Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan Ekpose Laporan Akhir Review Tataran Transportasi Lokal (Tatralok) dan Penyusunan Masterplan Transportasi Kota Banjarmasin, di Meeting Room Hotel Fugo Banjarmasin, Senin (26/12/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman di dampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, H Slamet Begjo dan juga jajaran Kepala Bidang dan UPTD Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin dan juga di hadiri Stakeholder terkait.

Dalam sambutannya, Sekdako Banjarmasin menyampaikan, ketika mendengarkan review Tatralok Kota Banjarmasin ini ada hal yang unik yang tidak di temukan dikota lain yaitu Transportasi Sungai seperti yang kita ketahui di kota lain cuma ada transportasi darat dan udara.

“Seperti dimana yang sudah di sampaikan, kita ingin mewujudkan, menyatukan  dan mengintegrasikan moda transportasi darat maupun sungai di Kota Banjarmasin, yang dimana apakah transportasi sungai masih menarik di kalangan masyarakat di Kota Banjarmasin, yang sekarang ini berada dii tengah gempuran transportasi darat dan  beberapa alternatif transportasi darat yang modern yang di gunakan masyarakat pada umumnya”, ucapnya.

Ini harus di buat benar benar semedikian rupa bagaimana transportasi sungai ini tetap populer ke masyarakat, bagaimana dulu kita ketahui di banjarmasin untuk transportasi yang paling murah pakai klotok (perahu) dan ini memang khasnya ada dan juga ketertarikan ini muncul karena mungkin ada ini transportasi paling murah atau efesien, 
dimana kantong kantong lokasi yang tidak bisa di jangkau oleh trayek transportasi darat bisa di jangkau di transportasi sungai, ini mungkin hal sudah membudaya dari Kota Banjarmasin, “ujarnya”.

Di sini juga ada perencanaan mengenai kereta api, memang ada beberapa isu bahwa di kalimantan ini tidak bisa kereta api, karena kondisi tanahnya yang gambut, lembek dan sebagainya dan mungkin ini bisa di jelaskan dan juga bisa di laksanakan, 

Tatralok Kota Banjarmasin sudah di susun mulai tahun 2013 kurang lebih berjalan sudah 9 tahun terdapat beberapa perubahan dan sudah ada penyesuaian yang perlu kita lanjuti, ucap Kadishub Kota Banjarmasin.

Sekaligus di tahun 2022 terdapat kegiatan penyusunan masterplan sehingga pelaksanaan review penyusunan masterplan di jadikan satu, dalam rencana jangka pendek ini juga di harapkan bisa menjadi jawaban pelaksanaan visi dan misi Walikota dan wakil walikota Banjarmasin dalam program meintegrasikan transportasi moda darat dan sungai yang kondusif dan inklusif.

Untuk kedepannya melalui hasil dokumen ini bisa menjadi acuan kerja Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin untuk mewujudkan transportasi yang aman, tertib dan lancar, Harapnya. 

Konsultan juga melakukan paparan tatraloknya seperti arahan arahan peruntukan pemanfaatan lahan di kawasan Kota Banjarmasin, proyeksi penduduk, tingkat perekonomian, rencana fungsi dan kewenangan jalan, rencana parkir offstreet dan pengendalian parkir penyediaan lahan/gedung parkir umum, arahan pengembangan angkutan barang, arahan rencana jaringan transportasi laut, rencana sistem jaringan transportasi udara, arahan rencana angkutan kereta api, rencana jalur sepeda dan pejalan kaki.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *