Dishub Kota Banjarmasin – Bertempat di jalan Tembus Pramuka, Terminal Km 6 Kota Banjarmasin, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin melalui Bidang Pengawasan & Pengendalian melaksanakan kegiatan Sosialisasi Indonesia Zero Over Dimension & Over Loading (ODOL) 2023 terhadap mobil angkutan barang, giat ini juga bersinergi dengan Satntas Polresta Kota Banjarmasin yang melakukan Sosialisasi Tilang Elektronik (E-Tle).

Kali ini terjaring 16 buah mobil angkutan yang di data karena tidak lengkap surat menyuratnya dan 56 buah yang di berikan Sosialisasi langsung di jalan.

Sosialisasi ini sebelumnya sudah berjalan di 3 (tiga) tempat berbeda yaitu di Jalan Lingkar Basirih, Jalan Hasan Baseri & di Jalan H Anang Adenansi.

Sudah ratusan mobil angkutan yang terjaring membawa barang melebihi kapasitas (ODOL) dan kedapatan tidak tertib aturan jam keluar masuk Kota Banjarmasin yang tidak sesuai dengan perwali nomor 08 tahun 2022, begitu juga dengan pengendara, banyak juga yang terdapat tidak memakai helm saat berkendara.

Untuk yang terjaring saat ini di data dan di beri himbauan untuk tertib jam keluar masuk Kota Banjarmasin dan yang surat suratnya tidak lengkap dan ijin KIR nya tidak di perpanjang di harapkan segera mengurusnya.

Seperti yang kita ketahui mobil angkutan ODOL ini banyak merugikan pengguna jalan lainnya, selain membahayakan pengguna jalan dan juga bisa merusak jalan karena kapasitas yang melebihi yang seharusnya.

Berdasarkan data Korlantas Polri dari Integrated Road Safety Management System (IRSMS) tentang kecelakaan tahun 2018, Truk ODOL menjadi salah satu penyumbang terbesar penyebab kecelakaan lalu lintas.

Adapun sanksi terhadap pelanggaran ODOL diatur sesuai UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) seperti penilangan, transfer muatan, hingga tidak diizinkannya kendaraan pelanggar meneruskan perjalanan.

Sosialisasi Ini dilakukan upaya mewujudkan Indonesia bebas ODOL (Over Dimensi Over Load) di tahun 2023 dan Keselamatan adalah tanggung jawab kita bersama.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *