Launching Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU) Kota Banjarmasin - di Hotel Galaxy, Senin, (31/10/2022)

Dishub Kota Banjarmasin – Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, H Slamet Begjo A.TD, MT Menghadiri Launching Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU) Kota Banjarmasin diselenggarakan oleh Dinas PUPR Kota Banjarmasin, di Galaxy Hotel Banjarmasin – Senin, (31/10/2022).

Kegiatan tersebut dilaunching langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Kepala Kaporesta Banjarmasin dan sejumlah Kepala SKPD serta jajaran terkait.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan SIMTARU Yang merupakan upaya inovasi dari Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas PUPR Kota Banjarmasin dalam upaya kita mendukung program Smartcity Banjarmasin oleh karnanya tata ruang merupakan dokumen perencanaan yang harus kita taati bersama. Ucapnya”.

Saya juga mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah maju dalam upaya membantu pemerintah menyiapkan tata ruang yang akan menjadi pedoman perencanaan pembangunan baik di sediakan langsung oleh pemerintah atau oleh masyarakat, mudah-mudahan ini bisa sinkron nanti dengan smart citynya Diskominfotik, masuk di aplikasi Banjarmasin Pintar sehingga kemudian bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun, tentu dengan kemudahan ini maka masyarakat kemudian pihak pihak terkait itu tidak harus selalu berkirim surat kepada pemerintah kota untuk mengetahui, asal kan setiap orang bisa mengakses menggunakan handphone status ruangnya hingga kemudian ini akan mendukung juga upaya pemerintah dalam percepatan pemberian perijinan secara online. Tegasnya”.

Harapannya, mudah mudahan program ini saling bisa suport sehingga aplikasi SIMTARU ini di buat untuk menjawab dan menyesuaikan era digital tidak terbatas pada informasi tentang rencana pola ruang semata tapi juga SIMTARU seluruh informasi yang terkait dengan rencana tata ruang kota ditampilkan secara lengkap dengan menggunakan peta digital, antara lain memuat rencana struktur ruang, rencana pola ruang, rencana kawasan strategis kota hingga ketentuan tentang pengendalian pemanfaatan ruang dengan diluncurkannya aplikasi simtaru hari ini di harapkan akan menjadi salah satu distribusi bagi pengembangan program smartcity Banjarmasin. Harapnya”.

Tidak lupa juga, saya mengajak kita semua bekerja lebih keras lagi karena agenda-agenda pekerjaan yang perlu diselesaikan memerlukan perhatian pemikiran dan penguras tenaga harus kita selesaikan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya,”, pungkasnya. (Fdly lalin)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *