DISHUB KOTA BANJARMASIN IKUT MERAMAIKAN PARADE DAN FASHION SHOW SASIRANGAN BSF KE-6 DALAM RANGKAIAN HARI JADI KOTA BANJARMASIN KE-496

DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANJARMASIN – Hari terakhir ajang Banjarmasin Festival Sasirangan (BSF) ke- 6 tahun 2022 yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Banjarmasin ke 496, Sabtu (1/10/2022).

Ada 38 peserta tampil memeriahkan event Karnaval dan Parade Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) dan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin pun ikut meramaikan, salah satunya Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin mengenakan baju Sasirangan berwarna orange kehijauan ikut meramaikan ajang kali ini.

Berpusat di Jalan RE Martadinata tepatnya di depan Balai Kota ajang Event tahunan yang mulai digelar sejak 2017 lalu Parade & Fashion Carnaval Sasirangan 2022 digelar.

Dalam sambutannya Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, melalui gelaran BSF kali ini diharapkan dapat mengangkat derajat dan marwah kain sasirangan “Semoga kegiatan BSF ini menjadi penyemangat bagi masyarkat untuk lebih mencitai dan bangga dengan kain sasirangan,” ucapnya.

Ia menambahkan,  “Awalnya sasirangan digunakan orang zaman dulu sebagai media penyembuhan namun seiring waktu, digunakan para raja dan kaum bangsawan sebagai busana kebesaran,” ujarnya.

“Saya melihat ada macam-macam kreativitas yang ditampilkan. Ada berbentuk Jukung, Pintu Gerbang KM 6, dan juga Menara Pandang. Mudah-mudahan ini jadi spirit kita harus bangga dengan sasirangan,” tegasnya.

Ibnu pun mengatakan bahwa ASN di lingkup Pemko Banjarmasin pun rutin menggunakan busana sasirangan, setiap Kamis menggunakan sasirangan. Dan sebulan sekali menggunakan sasirangan menggunakan pewarna alam. Ini sudah rutin dilaksanakan sejak lima tahun terakhir,” tutupnya.

Total peserta dalam ajang carnaval dan parade Event BSF ke 6 kali ini ini mencapai ratusan orang. diawali dengan parade keliling fashion sasirangan dari Siring Balai Kota menuju bundaran Bank Kalsel dan kembali ke halaman Balai Kota Banjarmasin.

Para peserta carnaval ini berasal dari Kota Banjarmasin tapi ada juga dari berbagai kabupaten kota lainnya di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sementara untuk peserta parade dari Kota Banjarmasin merupakan siswa SMP yang ada di Banjarmasin dan diikuti seluruh SKPD di lingkup Pemko Banjarmasin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjarmasin, Iwan Fitriadi mengatakan, jumlah peserta pada event BSF 2022 kali ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya hanya sebanyak 22 sekarang pada tahun ini diikuti oleh 38 Peserta .

Berikut data pemenang Festival dan Carnaval Fashion Show Sasirangan BSF ke-6 :
* Daftar pemenang Carnaval :
– Juara 1 : Mama Bungas.
– Juara 2 : Arm Project.
– Juara 3 : SMPN 7 Banjarmasin.
– Harapan 1 : Tinggle One.
– Harapan 2 : Barikit.
– Harapan 3 : Abhinaya Team.

* Daftar pemenang parade/pawai Sasirangan :
* Kategori SMP :
– Terkreatif : SMPN 2 Banjarmasin.
– Terkompak : SMPN 11 Banjarmasin.
– Terheboh : SMPN 19 Banjarmasin.

* Kategori SKPD/Organisasi/Komunitas
– Terkreatif : Kecamatan Banjarmasin Tengah.
– Terkompak : Inspektorat.
– Terheboh : Kecamatan Banjarmasin Utara.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *