DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANJARMASIN – Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke -6 berlangsung meriah dengan menghadirkan bintang tamu ternama dan para tamu undangan Wali Kota se Kalimantan dan juga para Kepala SPKD di lingkungan Pemko Banjarmasin, di gelar di Siring Balai Kota Banjarmasin akan berlangsung sejak selasa (27/9/2022) sampai dengan (1/9/2022) mendatang.


Kegiatan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-6 ini merupakan salah satu rangkaian acara hari jadi Kota Banjarmasin ke – 496, Pada BSF ke-6 2022 ini mengambil tema “The Land Of Sasiringan” yang bermakna tanah sasirangan atau tempat sasirangan itu lahir.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina saat membuka BSF ke – 6 mengungkapkan kebanggaannya dengan sasirangan sehingga sangat perlu untuk selalu melestarikan dan mengembangkannya sebagaimana kata Presiden Jokowi, kita harus bangga dengan produk lokal kita, sehingga kita bisa pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”ungkapnya.

Saat itupun juga Ibnu Sina juga menceritakan bagaimana sejarah kain sasirangan muncul pertama kali dan berkembang di Kalimantan Selatan khususnya di Banjarmasin.

Dimakam Sultan Suriansyah masih menyimpan kain Sasirangan yang sudah berumur 150 tahun yang merupakan lahirnya kain sasirangan di Banjarmasin, nama kain itu bernama kain Lagundi karena itu kita perlu terus melestarikan kain sasirangan serta memasarkannya di lingkup nasional maupun internasional.”tegasnya.

Pada BSF ke-6 kali ini hadir juga Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Se Indonesia (Apeksi) Bima Arya Sugiato yang menjabat sebagai Wali Kota Bogor dan juga hadir seluruh Wali Kota se Kalimantan, kehadiran Bima Arya dan seluruh Wali Kota Se Kalimantan dalam rangka menghadiri Rakerwil V Apeksi Regional Kalimantan atau pertemuan Wali Kota Se Kalimantan pada 27-29 September 2022 dan Banjarmasin menjadi tuan rumah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya Banjarmasin Sasaringan Festival ke-6 dan Selamat Hari Jadi ke 496 Kota Banjarmasin dan dengan adanya Banjarmasin Sasirangan Festival ini diharapkan dapat meningkatkan dampak positif bagi ekonomi, sosial dan budaya.” katanya di video yang di tayangkan di layar saat acara BSF ke – 6 berlangsung.

Selain parade kain sasirangan khas daerah masing – masing yang di tampilkan oleh Wali Kota se Kalimantan di atas panggung ada juga karya desainer lokal dan nasional seperti Fahmi Reva dan desainer nasional Rya Baraba, selain itu juga diadakan expo UMKM Sasirangan.

Di acara pada BSF ke – 6 kali ini menampilkan penyanyi ternama Adera dan sebelum dilagu terakhir Wali Kota Banjarmasin dan para tamu undangan ber foto sama dan juga bernyanyi bersama di atas panggung yang juga diikuti oleh para Wali Kota se Kalimantan. (Fdy)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *