Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin – Pemerintah Kota Banjarmasin menggelar Press Conference Hari Jadi ke-496 Kota Banjarmasin sekaligus kunjungan ke lokasi Wisata Kampung Ketupat yang akan menjadi destinasi Wisata baru di Banjarmasin di jalan Sungai baru, Jumat (23/09/22).

Kegiatan itu dihadiri oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Seketaris Daerah Banjarmasin, Ikhsan Budiman, sejumlah Kepala SKPD terkait serta sejumlah wartawan.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan hari ini kita sengaja hadir di sini mengambil lokasi kampung ketupat selain untuk Press Conference rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 496 kita sambil meninjau progres kampung ketupat dan bisa kita lihat progresnya sudah menggembirakan, harapannya sebelum tanggal 27 September bisa selesai untuk digunakan dalam rangkaian hari jadi dan Rakelwil Apeksi,” harapnya.

“Kawasan kampung Ketupat ini ada 8 Visi-Misi Banjarmasin Baiman yang bisa kita wujudkan, karena ini termasuk janji kampanye dan program prioritas,” lanjutnya.

Lalu, ia pun menjelaskan bahwa kawasan tersebut nantinya akan dikembangkan sebagai smartcity dan teknologi digital untuk layanan publik ketika bertransaksi.

kawasan ini juga akan dilaksanakan E-parking, E-kasir, dan lainnya yang mendukung gerakan Nasional transaksi non tunai, kemudian juga akan dipasang cctv beberapa lokasi dan juga ada cctv mengadopsi kecerdasan buatan dimana menghitung pengunjung dengan cctv saja,” pungkasnya.

Ada beberapa sudah rangkaian yang sudah dilalui yaitu di awal bulan, yaitu tablig akbar bersama UAS di Mesjid Ar Raudah Sungai Andai pada tanggal 1 September 2022 dan juga Banjarmasin bersyalawat bersama Habib Ali A- Baity di halaman balai Pemko Banjarmasin pada tanggal 17 September 2022.

Setelah Press Conference sore ini, malamnya kita akan melaksanakan sholat hajat dalam rangkaian hari jadi Kota Banjarmasin di mesjid Nurul Amilin haur kuning di kelayan (23/9/2022). “Ungkapnya.

Pada tanggal 25 September 2022 akan dilaksakan Event gowes dan tanggal 26 September 2022 di laksanakan jiarah ke Makam Sultan Suriansyah dikawasan Muara Kuin yang akan di ikuti seluruh Forkopimda Banjarmasin dan juga skpd di lingkungan Pemko Banjarmasin.

Peringatan Harjad Banjarmasin ke 496 ini juga bakal dihadiri oleh Wali Kota se Kalimantan, seiring bergulirnya Rapat Kerja Wilayah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Wilayah V Regional Kalimantan di Banjarmasin pada 27 sampai 29 September 2022 mendatang. “Ujarnya

Pada tanggal 27 September 2022 sampai dengan tanggal 1 Oktober 2022 ada Banjarmasin Festival Sasirangan (BSF)  ke 6 yang akan di pusatkan di restoran terapung Banjarmasin dan juga di halaman balai Kota Banjarmasin.

Kemudian ditanggal 28 September 2022 kita akan memperingati puncak hari jadi kota Banjarmasin di panggung halaman Balai Pemko Banjarmasin dengan mengundang tamu dari luar kota Banjarmasin, Walikota se Kalimantan dan juga Kepala Daerah dan Bupati Sekalimantan, “Ungkapnya.

Setelahnya acara lanjut kesiring menara pandang untuk membuka acara Banjarmasin Expo yang di adakan pada tanggal 28 September 2022 sampai dengan 2 Oktober 2022, ada sekitar 7 kabupaten kota sudah dipastikan ikut dalam Banjarmasin Expo ini dan juga Dekranasda.

Di Banjarmasin Expo ini merupakan sarana untuk me ekspos produk dari banjarmasin dan juga produk sekalimantan untuk  bisa di tampilkan dan juga di kenang dan pada malam itu juga akan di tampilkan kain kain khas dari kota kota sekalimantan yang akan di tampilkan langsung oleh kepala daerah dipanggung.

Malam hari itupun juga akan di tampilkan Festival Jukung Hias dalam rangkaian Kemilau Banjarmasin Bungas yang akan di hiasi perahu tanglong dan jukung hias yang akan  menambah gemerlapnya suasana kota Banjarmasin di malam hari  dan ini akan menjadi event yang sangat sayang dilewatkan oleh warga Kota Banjarmasin.Tegasnya.

Pada hari kamis tanggal 29 september 2022, para walikota sekalimantan akan melaksakan penanaman pohon di kawasan Wisata Kampung Ketupat kemudian akan di lanjutkan penebaran 10 ribu bibit ikan, yang pelaksanaannya di dermaga pasar terapung menggunakan kelotok yang turun di dermaga atau di shelter dikampung ketupat yang di bangun oleh Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin yang akan di gunakan untuk menintegrasikan transportasi sungai dan transportasi darat yang inklusif agar bisa di akses semua warga dan juga menjadi salah satu akses menuju destinasi wisata baru di Banjarmasin.”Imbuhnya.

Setelah itu pada tanggal 29 September sampai dengan 1 Oktober 2022 ada Festival Anggrek Seribu Sungai di Screeen House DKP3 Banjarmasin di jalan Pangeran Hidayatullah Benua Anyar.

Dalam ajang Perayaan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 496  akan dimeriahkan penampilan artis ibu kota yakni Adera, Nabila Maharani dan dari artis lokal ada Tommy kaganangan hingga Fashion Designer yakni Rya Baraba dan Rudi Chandra

Dengan mengusung tema “Baiman, Bauntung, Batuah,” Ibnu Sina pun berharap agar pelaksanaan kegiatan hari jadi berjalan lancar. “Dan mudah-mudahan rangkaian ini menjadi bagian upaya kita untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,”pungkasnya.

@ibnusina.official @ibnusina @arifinnoor.mt @isanbudiman

#banjarmasinkotaseribusungai #banjarmasincityofthousandrivers #banjarmasinBISA #banjarmasinBAIMAN #banjarmasin_barasih_wan_nyaman

 

 

 

 

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *